Halaman

Selasa, 08 Oktober 2013

Pengertian bahasa menurut ahli



Apakah arti Bahasa itu???
Banyak para ahli mendefinisikan tentang arti bahasa, yang pada intinya sebenarnya sama  hanya berbeda pendapat saja. Ada beberapa ahli berpendapat mengenai bahasa : 

1. Menurut Owen dalam Stiawan (2006:1)
Definisi bahasa yaitu language can be defined as a socially shared combinations of those symbols and rule governed combinations of those symbols (bahasa dapat didefenisikan sebagai kode yang diterima secara sosial atau sistem konvensional untuk menyampaikan konsep melalui kegunaan simbol-simbol yang dikehendaki dan kombinasi simbol-simbol yang diatur oleh ketentuan).

2. Menurut Santoso (1990:1)
Bahasa adalah rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia secara sadar.

3. Menurut Bolinger (1981)
Bahasa memiliki system fonem, yang terbentuk dari distinctive features bunyi, system morfem dan sintaksis. Untuk mengungkapkan makna bahasa harus berhubungan dengan dunia luar. Yang dimaksud dengan dunia luar adalah dunia diluar bahasa termasuk dunia dalam diri penutur bahasa. Dunia dalam pengertian seperti ini disebut realita.

4. Menurut Pengabean (1981:5)
 Bahasa adalah suatu sistem yang mengutarakan dan melaporkan apa yang terjadi pada sistem saraf.

5. Menurut Sunaryo (2000:6)
 Bahasa didalam struktur budaya ternyata memiliki kedudukan, fungsi dan peran ganda yaitu sebagai akar dan produk budaya yang sekaligus berfungsi sebagai sarana berfikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar